Syaifudin Sardi

…semua tentang syaifudin sardi dan catatan kehidupannya …

Berbeda itu Sah-sah Saja (gado-gado kelinci cantik)

1 Comment

 

cropped-some-are-different-hd-wallpaper-768x1366.jpg

Some are different. Itulah bunyi wallpaper yang saya temukan dari aktivitas image googling di Internet. “Beberapa (di antara kita) berbeda”, barangkali itu terjemahannya.

Saya jadi teringat kalimat dalam sebuah iklan rokok di TV, “Bersama tidak selalu sama.” Memang begitulah iklan rokok. Karena tidak boleh menampilkan rokoknya, para pengiklan rokok dengan sangat bebasnya menggunakan berbagai kalimat dan visualisasi yang seringkali tidak ada hubungannya dengan rokok. Mereka tidak perlu gusar dengan larangan itu. Toh, di penghujung iklan, mereka diharuskan menampilkan peringatan pemerintah “Merokok dapat menyebabkan dst.”. Dan, dengan membaca peringatan ini pemirsa TV pasti akan tahu bahwa iklan yang baru saja mereka saksikan adalah iklan rokok. Ketentuan untuk menampilkan peringatan pemerintah itu justru kontraproduktif untuk menekan aktivitas merokok. Ironis, bukan?

Kenapa jadi ngelantur membahas iklan rokok, ya? Ya, terlalu sayang untuk dilewatkan karena ide menulis iklan rokok tadi semerta-merta muncul dalam benak di sela-sela saya berpikir tentang apa yang musti saya tulis terkait dengan perbedaan, ide awal saya membuat tulisan ini. Ibarat kelinci cantik (ungkapan ini saya dapatkan dari sahabat lama saya), saat ia melintas di depan mata atau terlintas di pikiran, jika tidak segera ditangkap, ide itu akan pergi begitu saja. Menulis adalah ikhtiar untuk menangkap ide itu.

Kembali pada pembahasan utama, perbedaan. Manusia memang diciptakan berbeda, unik. Tidak satupun manusia di dunia ini, kembar identik sekalipun, diciptakan sama persis. Bentuk fisik memang boleh jadi sama, tapi pasti ada sisi lain yang membedakannya. Tapi di situlah indahnya perbedaan. Taman bunga itu berisi beraneka warna dan aroma bunga. Tapi justru karena keanekaan itulah taman bunga tampak lebih indah dan lebih berwarna. Itulah rahasia perbedaan. Jadi berbeda itu sah-sah saja.

Duh, kenapa tidak kelinci kecil yang lewat lagi, ya? Jadi kekeringan ide, nih. Sudahan, deh nulisnya. Tukang Bubur Naik Haji sudah mulai tayang lagi setelah beberapa iklan berseliweran di depan mata. Termasuk iklan rokok, he he he.

Ada ide tentang perbedaan? Silakan sumbang comment, ya.

yang kehabisan ide
@dIeN’s

Advertisements

One thought on “Berbeda itu Sah-sah Saja (gado-gado kelinci cantik)

  1. YA yg penting masih menjaga unsur2 artisitiknya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s