Syaifudin Sardi

…semua tentang syaifudin sardi dan catatan kehidupannya …

Pengalaman Anda Cuma Satu Tahun

1 Comment

promotionSuatu ketika, dalam sebuah divisi di sebuah perusahaan swasta, seorang Manager berencana mempromosikan beberapa stafnya untuk menduduki posisi Supervisor. Supervisor dalam perusahaan itu adalah orang yang langsung membawahi staf. Di atas supervisor ada Manager. Di atas manager ada Kepala Divisi, dan seterusnya sampai posisi tertinggi Direktur Utama.

Didapatilah dua orang yang potensial di antara delapan staf yang ada. Proses seleksi ini dilakukan secara tertutup tanpa sepengetahuan staf-staf yang lain. Bahkan dua orang staf inipun tidak mengetahui jika mereka sedang dalam proses seleksi untuk menjadi supervisor. Setelah melalui tahapan tes kompetensi, dan beberapa tes yang lain, terpilihlah salah satu dari dua orang ini menjadi supervisor, menggantikan supervisor lama yang telah dipindahkan ke divisi yang lain. Pelantikan dilakukan secara sederhana, dengan syukuran sederhana, di hadapan manager dan seluruh staf bagian itu.

Tidak lama setelah pelantikan selesai, datanglah seorang staf senior, staf yang paling lama bekerja di situ, bahkan lebih lama daripada sang Manager, menghadap sang Manager. “Bos, ane ini kan yang paling lama bekerja di sini. Bahkan lebih lama daripada ente. Jauh sebelum ente bekerja di sini, ane ini sudah banyak berjasa bagi perusahaan ini!” protesnya dengan gayanya yang khas “senior” itu. “Semestinya ane yang lebih pantas menduduki jabatan supervisor. Bukan dia, anak ingusan yang baru empat tahun bekerja di sini. Ane ini sudah bekerja 10 tahun di sini. Ane yang lebih berpengalaman. Ini tidak adil!” protesnya berlanjut.

Setelah mempersilakan sang “senior” ini duduk, dengan kalem, sang Manager menjawab, “Memang Anda telah bekerja di perusahaan ini selama 10 tahun. Namun pengalaman Anda cuma satu tahun yang berulang selama 10 kali.” Dengan muka kecut, sang “senior” kembali ke tempat duduknya. Begitulah yang ia lakukan setiap kali koleganya mendapatkan promosi jabatan yang ia tidak bisa mendapatkannya tanpa berusaha meningkatkan kompetensinya.

So, Sahabat, berapa tahun pengalaman Anda?

@dIeN

Advertisements

One thought on “Pengalaman Anda Cuma Satu Tahun

  1. Pingback: Pengalaman Kerja Tidak Selalu Positif | Syaifudin Sardi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s